Rabu, 17 Agustus 2011

Virus yang menyebar lewat Chat Facebook

Akhir-akhir nie bnyk kjadian pnyebaran Chat spam di FB...
bnyk user fb yg otomatis mengirim chat yg berisi chat ke teman2 nya.

prnahkah agan2 semua dpt chat seperti itu... sebagai contoh seperti gambar di bawah:



Saya pernah dikirimi link mencurigakan tersebut, kemudian saya tanya kepada teman saya yang mengirimi link gak jelas itu, dia mengaku tidak mengirimkan link tersebut. Ternyata virus itu bekerja secara otomatis, yaitu pada saat chat aktif link-link gak jelas itu otomatis akan menyebar lewat chat. Sasarannya kemana? yang pasti ke teman facebook kita yang sedang online. Dengan meng-Offline kan chat facebook akan memperkecil penyebaran link virus ke teman facebook Anda.

Yah klu ada pesan tuh dari fb kalian jgn di klik gan...

Gmna klu udh ke klik...???

Jika Anda penasaran kemudian terlanjur meng-klik link tersebut, Segera Offline kan chat facebook Anda. Caranya :

1. Klik Obrolan (maksudnya obrolan chat facebook, letaknya dipojok kanan bawah)
2. Opsi
3. Jadikan Offline



Langkah selanjutnya yaitu,

1. Logout dan ganti password (kata sandi) akun facebook Anda!. Jika pada saat online facebook Anda menggunakan PC/ Laptop pribadi dan masih ragu karena terlanjur meng-klik link mencurigakan itu,
2. Kalau bisa scan PC/ Laptop Anda dengan Malwarebytes. Malwarebytes' Anti Malware berfungsi untuk membasmi malware yang menginfeksi komputer (siapa tahu link gak jelas/ mencurigakan tadi mengandung malware).
3. Jika masih ragu (lagi), scan Komputer Anda menggunakan Anti Virus luar yang telah diupdate, misalnya Avira, AVG atau Eset NOD32 dan lain sebagainya, hehe.


Mari kita berhati-hati saat jalan-jalan di dunia maya. Jangan asal klik link yang aneh/ mencurigakan. Jika Agan-Agan mempunyai tips tambahan untuk meminimalisir virus chat facebook, silakan share lewat kotak komentar. OK? Semoga bermanfaat kawan.

0 komentar:

Posting Komentar