Kamis, 25 Agustus 2011

Memaksimalkan Bandwidth dalam Windows XP Pro


Karena memang dalam Windows XP, bandwidth yang ada tidak digunakan 100%, tetapi dibatasi hanya 80%-nya saja. Jadi jika suatu aplikasi atau program dalam komputer menggunakan koneksi internet, maka yang diberikan hanyalah 80% dari kapasitas yang ada. Sisa bandwidthyang ada (20%) dijadikan sebagai cadangan. Dalam Windows XP Pro metode pengaturan ini ada dalam QoS Packet Scheduler.
Besarnya kecilnya cadangan bandwidth ini bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita,sebagai contoh jika kita ingin menggunakan seluruh bandwidth yang ada (100%), maka kita harus mengubah cadangan bandwidth menjadi 0%.
Untuk merubah cadangan bandwidth ini tidak terlalu susah, berikut saya informasikan langkah-langkah untuk mengubah cadangan bandwidth melalui QoS Packet Scheduler untuk melengkapi tulisan tentang trik koneksi internet lainnya. QoS Packet Scheduler ini hanya bisa dirubah oleh administrator dari komputer, jadi pastikan kita login sebagai Administrator.
Untuk memulai kita jalankan gpedit.msc melalui menu Start > Run, Open gpedit.msc.
Setelah masuk ke panel Group Policy, pilih Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler. Pindah ke kolom kanan, pilih Limit reservable bandwidth dan klik dua kali untuk membukanya.
Pada tab Setting panel Limit reservable bandwidth kita pilih Enable, kemudian isi Bandwidthlimit dengan 0 (nol) (jika kita ingin memanfaatkan seluruh bandwidth yang ada), simpan dengan memilih Apply.
Sampai di sini proses pengubahan cadangan bandwidth selesai, dan sekarang kita telah memanfaatkan seluruh bandwidth yang ada. Dengan menggunakan seluruh kapasitasbandwidth yang ada, seharusnya browsing internet kita sekarang bisa lebih cepat.
Oke, itu tadi informasi singkat tentang penggunaan QoS Packet Scheduler, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar